Menjadi Produktif di Zaman yang Instan

Apa itu produktif ? Menurut kamus besar bahasa indonesia artinya bersifat atau mampu menghasilkan atau mendatangkan (memberi hasil, manfaat, dan sebagainya); menguntungkan atau. Jadi produktif itu mampu menghasilkan terus menerus. Judul kali ini saya membahas bagaimana produktif di zaman yang serba cepat dan instan. Mengapa kok zaman yang serba instan. Apakah kalian pernah berfikir zaman sudah maju sedemikian rupa tapi kenapa diri anda tidak maju-maju. Tahun lalu gaji 3 juta tapi kok tahun ini masih sama 3 juta ga ada penambahan apapun. Bahkan pengeluaran ga bisa ditahan. Pengeluaran malah nambah dan kadang malah berhutang. Itu sekelumit pengalaman yang kemungkinan di alami kalian. Ada juga yang hari ini jadi manajer tahun ini tetap jadi manajer. Ada yang tetap gitu terus sampai bertahun tahun.  Zaman makin mudah. Tapi hidup saya kok semakin sulit ya? Lah zaman kok mudah gimana sih? Bukan gitu tapi segala sesuatu dipermudah seperti pesan sesuatu pakai smartphone aja bisa. Tapi ada yang bicara cari duit itu semakin susah. Itu yang saya soroti.

Ajukan pertanyaan kepada diri anda sendiri. Apakah anda bekerja ataupun belajar seperti orang lain?  Jika iya. Kok anda minta hasil lebih. Apa tuhan itu adil jika anda di beri penghasilan atau pemasukan yang lebih??? Kan tuhan maha adil. Ga adil dong kalau anda bekerja biasa-biasa dikasih yang luar biasa. Jadi apa solusinya untuk meningkatkan penghasilan. Kuncinya yaitu ada di produktivitas. Tingkatkan produktivitas dan kapasitas anda dalam belajar ataupun dalam bekerja. Penghasilan kesuksesan ketenaran itu akan datang dengan sendirinya. Ga usah lah kalian cari dukun ataupun cari di internet (googling) cara mencari uang dengan cepat. Cara instan ya jual barang atau jasa yang kalian miliki. Itu cara cepatnya. Tapi ga mungkin anda jual kalau anda tidak punya sesuatu.

Tingkatkan produktivitas harian anda terlebih dahulu. Dengan meningkatkan produktivitas harian anda. Otomatis produktivitas mingguan bulanan bahkan tahunan anda akan meningkat derastis. Jika kalian sudah bekerja ataupun sekolah 8 jam. Tambah lagi belajar atau bekerja di luar jam itu. Cari hobi yang menurut anda bisa menghasilkan uang dan itu memungkinkan. Bukan hobi pembenaran yang sifatnya cuma alasan. Mas bisa kasih contoh tidak. Apa hobi pembenaran menurutmu? Main online game supaya jadi pemain profesional. Tuh mau seperti Navi Dendi , seperti S1mple , seperti doublelift. Bukan saya mengejek impian anda. Tapi kalau anda serius ya silahkan. Cuma itu jangan dijadikan alasan anda sudah produktiv. Anda sudah 8 jam sekolah masih main game 5 jam lagi. Coba kalian berfikir bagaimana 5 jam itu saya bantu orang jualan. Kan lumayan belajar yang lebih bermanfaat. 5 jam untuk buat creative content (design, blog , vlog) . Kan itu lebih bernilai lebih menurut saya.

Kalian mesti sudah bernilai lebih kalau sudah bisa melakukan sesuatu. Jadi nanti ga usah khawatir masalah pekerjaan kalau anda sudah bisa jago di bidang tersebut. Bisa juga anda mendapatkan pemasukan tambahan. Kan lumayan kalau pemasukan tambahan itu bisa lebih dari pemasukan utama. Masihkah anda bertahan di pekerjaan lama dan anda menjadi budak korporat yang pergi pagi pulang pagi. Itu kuncinya.

Banyak lah yang bisa kalian lakukan di zaman yang serba instan ini. Jadi jadilah pencipta bukan penonton. Tontonlah sesuatu yang anda tidak ketahui. Tapi anda harus mempunyai satu hal spesialisasi anda. Ga bosan apa kalian menikmati produk kreativitas bangsa lain. Kreativitas anda itu tanpa batas. Mengapa anda tetap menjadi pengikut. La kalau jadi pencipta nanti siapa pengikutnya. Yah jangan kalian dan keluarga kalian yang penting. Mungkin bangsa lain mungkin keluarga lain juga. hehehe. Berfikir kalian mau membuat film se tenar di hollywood, bollywood, korea. Karena mereka sudah menggeluti bagian seperti itu sudah lama. Sedangkan kita. Kemarin baru ada teknologinya. Dan kita belum menjadi negara pencipta. Jadi tingkatkan produktifitas untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Anda dimudahkan seseorang tapi di sisi lain anda juga dimanjakan. Ini juga penyebab otak anda mati. Karena kalian juga akan terbiasa berfikir segala sesuatu bisa instan. Padahal pada faktanya keberhasilan tidak ada yang instan. Jadi pada akhirnya kembali ke diri kalian sendiri. Anda mau jadi seperti itu itu saja atau anda mau berubah produktif untuk menjadikan bangsa yang lebih maju atau tidak. To be or not to be . that is the question???

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s