Jalan Kalian Berbeda

Pagi-pagi saya di chat teman, kebetulan dia tetangga saya. Saya udah bermain dengan dia sejak lama. Dia 3 atau 4 tahun lebih muda dari saya. Dan mungkin karena saya lebih tua jadi dia bertanya ke saya.

Biasalah tipikal orang jawa kampung, yang lebih tua dianggap lebih segalanya. Padahal otak juga ga seberapa.

“Lur Bagaimana cara menjadi seperti Habibie ? “

 

Bapak Habibie

Habibie, hah presiden ke-3 Indonesia. Ya memang dia sukses banget. Siapa coba yang ga menganggap pak Habibie sukses.

Sukses menaklukkan Jerman. Pulang ke Indonesia membuat pesawat dan jadi presiden kemudian lanjut jadi role model pasangan yang saling tulus. Siapa yang ga mau ?

Bingung sih. Bukannya saya merendahkan Habibie atau meremehkan kemampuan dia. Tapi manusia itu diberikan anugerah masing-masing. Habibie mungkin bisa jadi role model seseorang tapi minta tolong jangan jadi copy paste dia.

Keinginan dia di copy paste. Gak gitu bro jalannya. Ada mungkin yang beberapa relevan tapi ga semua bisa dianggap relevan untuk kondisi kalian.
Mungkin ini beberapa pesan singkat yang saya kirimkan ke dia.

Hidupmu itu ya hidupmu. Pak Habibie tidak diberikan kesusahan seperti kamu, dan juga sebaliknya kamu tidak diberikan kemudahan seperti pak Habibie.

Tidak usah menyamakan mimpi kalian sama persis seperti pak habibie. Menurut saya ga semua orang sama kok kemampuannya. Tapi boleh lah menyamakan kerja keras kalian seperti pak Habibie. Ga semua yang dilakukan pak habibie cocok untukmu kok.

Namun kalian tau lah batas kalian seperti apa. Yang bisa kalian lakukan mungkin melihat mental-mental pekerja keras. Tiru mental-mental pantang menyerah.

Kalau kebetulan anugrah yang diberikan tuhan sama kayak pak habibie baru bisa lah mimpinya disamain. Mungkin kalian jago di fisika matematika. Mau membuat pesawat terbang. Yah itu mantap buat kalian.

Coba kalau kamu dikasih kemampuan di bidang ekonomi, bidang sastra, jadi presenter. Masa mau buat pesawat, ya ga ada relevannya. Mungkin esensi kerja kerasnya yang bisa kamu tiru

Tidur 4 jam sehari. Belajar setiap waktu, tidak gampang menyerah, dan selalu ingat tuhan yang menciptakan kita.

Contoh seperti itu yang kemungkinan mudah untuk diduplikasi kita. Karena itu masalah mental dan kemauan serta niat kalian yang tulus atau tidak terhadap mimpi kalian.

 

Zaman itu berubah sangat cepat

relevant

Relevansi antara zaman idola kita dan zaman sekarang mungkin yang harus diperhatikan. 

Contoh kecil deh. Zaman tahun indonesia baru merdeka. Eh tidak deh terlalu jauh. 

Anggap idola kalian itu orang yang terdekat kalian, yang di dalam benak kita itu mudah banget untuk di duplikasi. Oke si X.

Si X untuk mencapai kesuksesan. Dia harus sekolah sampai strata tertentu. Kemudian merantau ke jakarta. Dan menjadi pemimpin dan sekaligus pemilik usaha. Dan menurut kalian itu sukses banget. Financial freedom deh.

Ga berlaku sepertinya di zaman sekarang. Apabila untuk mencapai financial freedom zaman sekarang caranya sudah bermacam-macam dan bisa di lakukan dimanapun. Tanpa batas daerah. Mungkin dulu jadi pemusik harus ke Ibukota. Sekarang beda bro.

Itulah pentingnya kalian harus menjadi diri sendiri. Tentukan impian itu dan kejar deh.

Sukses sesuai dengan impian kalian. Itulah yang dibutuhkan Indonesia.
Andaikan semua orang bermimpi jadi presiden. Siapa rakyatnya ?? WKWKWKW

Bukan masalah dia lebih keren ataupun kita tidak keren. Pesawat terbang lebih keren dibandingkan video youtube ataupun aktor. Ga gitu, tapi jika messi jadi perenang ataupun evan dimas jadi petinju ya ga setenar sekarang mungkin.

Hidup itu sing penting yakin. Masalah ga berhasil ataupun gagal bukan urusan kalian. Yang menjadi tanggung jawab kalian adalah kalian tetap mencoba.
Jikapun kalian ga berhasil, coba lagi.

Namun ada sisi yang kalian berhasil kok. Kalian berhasil mempertahankan mimpi kalian. HEHEHE

Dia memperlebar pertanyaan.

Bagaimana cara biar kita punya percaya diri lebih ?

Tips dariku sih, sering-sering aja liat cerita sukses yang dari 0. Dari yang ga punya apa-apa jadi punya segalanya. Banyak sebenarnya di youtube seperti itu.

Acara televisi mungkin Kick Andy ataupun Hitam Putih contohnya.

Jadi biar lebih santai. Kita tidak berjuang sendiri. Banyak orang di luar sana yang juga sama-sama berjuang.

Don’t compare your beginning to someone else’s middle

Jadi seperti itulah kira-kira pesan yang saya sampaikan ke dia.

Karena sepertinya menarik. Kenapa tidak saya bagikan di blog saya.
Saya ini jauh dari kata sukses. Tapi saya lagi membangun itu. Jadi apabila ada cacian mohon di kirimkan ke komentar saya tunggu caciannya.

CIAO

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s