Menjadi Budak Perkataan Orang

Menjadi Budak? Apa sih maksudnya? Sistem perbudakan telah dihapus sejak tahun awal 1900 an. Tapi mengapa judulnya perbudakan. Menarik sih. Tapi perkataan orang itu apabila di turuti memang tidak ada habisnya. Itu yang saya maksud. Menjadi budak perkataan orang-orang di sekitar kita. Yang mana orang orang tersebut tidak membuat hidup kita lebih produktif atau membuat hidup kita lebih bermakna. Malah perkataan tersebut membuat kita terperosok dalam sistem perbudakan perkataan. Yang kita sendiri tidak tau kapan akhirnya.

slavery

Saya ingin memberikan contoh klasik, mungkin beberapa orang sudah pernah mendengarnya. Ada 2 orang yang mengendarai keledai. Orang pertama adalah ayah dan kedua adalah anaknya. Mereka akan masuk beberapa kota. Dan si bapak berkata kepada anaknya. Lihatlah yang terjadi jika kamu mengikuti kata-kata orang.

Mereka memasuki kota pertama, mereka mengendarai keledai itu bersamaan. Kemudian orang-orang berkata. Bapak dan anak tidak sayang hewan, masa hewan seperti itu dipakai untuk berdua orang. Kemudian mereka pun memutuskan untuk salah satu dari mereka saja yang naik keledai.

Di kota kedua bapak tersebut mengendarai keledai, namun di kota kedua mereka mendengarkan omongan orang lain. Bapak tidak sayang anak, masa anaknya dibiarkan berjalan, Oke gantian. Bapak jalan anak mengendarai keledai.

Namun di kota ketiga orang ngomong lagi, Anak ga tau diri masak bapak dibiarkan jalan. oke mereka pun turun dari keledai dan keledai tersebut menjadi teman untuk jalan. Namun di kota keempat menjadi olok-olokan juga. Punya keledai ga dikendarai bego banget mereka. Karena mereka jengkel di kota kelima pun mereka menggendong keledai tersebut dan malah menjadi bahan ejekan masyarakat.

Poinnya bukan keledai harus kita junjung, tapi  berjalanlah sesuai dengan kepercayaan yang kamu anut. Kepercayaan yang sudah kamu baca dan telah ditanamkan oleh keluarga dan diri kalian sendiri. Meskipun orang lain tidak ada yang mendukung kalian. Tetap percaya pada mimpi kalian tersebut. Hidup itu  sekali,  janganlah mengikuti perkataan orang lain. Hari ini gaji naik dengar orang masak gaji naik ga beli mobil, kalau kita ikuti kata orang. Tidak bakal ada habisnya.
your future
Jadi tetap berpetualang di dunia. Jangan menyerah dan jangan biarkan hidup kita diperbudak orang lain. Tapi kalau bisa hidup kita menjadi panutan orang lain. Itu malah menjadikan hidup kita lebih bermakna. Lah emang bisa??? Semua itu mungkin. Jika kalian liat seseorang yang kalian kagumi maka kalian secara tidak langsung akan menirukan kehidupan orang yang kalian kagumi tersebut itu bukan? Makanya hiduplah jadi diri sendiri. Coba dulu dan rasakan manfaatnya baru ngomong testimoninya.

Meningkatkan Kekuatan Berfikir Otak

Otak. Organ manusia yang sangat vital sekali selain jantung dan paru paru. Merupakan organ yang paling vital karena berguna untuk berfikir dan belajar. Namun seiring dengan perkembangan kemajuan zaman. Otak manusia menjadi semakin lemah dan akan susah untuk diajak berfikir. Apalagi memasuki zaman instan yang menjadikan sesuatu lebih mudah. Otak kita menjadi berfikir semuanya itu mudah. Padahal untuk mencapai sesuatu kesuksesan diperlukan fikiran-fikiran berbobot. Bagaimana meningkatkan berfikir otak kita. Kali ini kita akan memberikan cara supaya otak kita lebih kuat dalam berfikir

Fokus Satu Hal. Multitasking Tidak Baik

Mengapa harus fokus satu hal. Fokus itu sepele, remeh,  tapi sangat luar biasa. Bayangkan multi tasking kita bisa melakukan dalam satu waktu berbagai masalah. Sambil ngerjain tugas kita chatting temen dan juga makan malam ditambah lagi minum jus dan dengerkan musik di youtube. Taruh target kita malam ini menyelesaikan tugas. Apakah tugas kita akan selesai ? Tidak banyak yang bisa menyelesaikan tugas mereka. Apalah mungkin mereka hanya akan chatting temen dan dengerkan musik dan tugasnya sampai besoknya tidak akan selesai.

Berpindah task dari satu ke lainnya itu sangat mengganggu sekali. Bahkan bisa membuat kita terdistraksi. Sehingga kita melupakan apa tujuan kita lakukan hal tersebut. Lakukan satu hal  sampai yang lain hingga selesai kemudian berpindah ke lain hal. Itu akan membuat hidup kita lebih fokus dan meningkatkan kapasitas kita. Riset terbaru membuktikan multitasking bisa mengurangi kapasitas berfikir otak kita.

Cari Sahabat Baru dan Bicarakan Ide Baru

Lebih sering kita berkumpul dengan orang baru. Akan banyak pengalaman-pengalaman baru yang akan kita dapatkan dan itu tidak akan kita dapatkan dari orang-orang yang pernah ada di sekitar kita dahulunya. Mengapa ini membantu otak kita berfikir? Ingat semua orang mempunyai masa lalu yang berbeda-beda dengan itu setiap orang juga telah melakukan hal-hal yang beda juga. Apalagi sekarang kita di kelilingi oleh orang sukses dari berbagai kalangan. Maka hidup kita akan lebih berwarna. Ketika hidup lebih berwarna. Apa yang kita dapatkan? Otak kita berfikir lebih cepat dan lebih kuat.

Kurangi Penggunaan Sosial Media

Penggunaan social media itu seperti pisau bermata dua. Ah peribahasa ini lagi. Mengapa kaya pisau. Nah kita bisa menggunakan social media itu sampai berjam jam tanpa kita sadari. Ada alasan, saya cuma pakai beberapa menit saja. Tapi anda pakai di pagi hari, siang hari dan malam hari. Dan pada malam kadang kita bisa sampai berjam jam. Wah ini bisa membahayakan anda. Karena waktu yang biasa anda gunakan untuk scroll media social itu sangat banyak. Karena waktu itu berguna. lebih baik gunakan waktu itu untuk hal yang lebih berguna. Seperti belajar hal baru tambah pengalaman baru.
Dari pada kita cuma di kasur dan scrolling ria media social kita. Kita menjadi budak notifikasi dari beberapa social media tersebut. Bahkan ada yang sampai rela buang waktu demi like subscribe ataupun follow atau apapun itu. Media social itu bagus apabila anda menggunakan secara bijak. Kurangi penggunaanya perbatasi. Karena ada hal menarik yang di dunia ini dapat kalian lakukan. Dari pada scrolling di social media yang tidak berguna.

Mendekatkan Diri ke Tuhan

Tuhan itu salah satu zat yang maha agung. Apapun yang diperintah tuhan harusnya lakukan saja iya kan? Tapi faktanya ? Ah ga usah dibahas. Lebih baik kita instropeksi diri kita. Mulai perbaiki diri kita. Dan mana ada tuhan yang mau menjerumuskan makhlukNya kan. Jadi perbaiki hubungan anda dengan tuhan anda. Maka Tuhan juga akan memperbaiki kekuatan berfikir anda. Bisa jadi anda kurang dari konsentrasi berfikir karena hubungan anda dengan tuhan juga lagi kurang baik.

Tetap Berolahraga

Men sana in corpore sano. Sudah sering sekali mendengar kata ini. Tapi Implementasi anda bagaimana? Apa anda sudah lakukan ??

Riset membuktikan orang yang aktif gerak, kekuatan berfikirnya jauh lebih berkembang daripada orang yang tidak bergerak atau cuma diam saja di rumah. Coba anda mulai besok rutinkan olahraga entah itu jogging atau push up dsb. Hidup anda akan menjadi lebih baik. Pikiran anda akan menjadi lebih segar dari pada anda yang tidak berolahraga. Karena ini bukan omongan saya. Ini berdasarkan riset.

 

Dan terakhir. Omongan saya ini cuma jadi teori kalau anda semua tidak mengimplementasikan hal tersebut. Teori akan selalu jadi teori tanpa action yang mumpuni . Semoga anda tetap sehat dan Salam..

 

Don’t Ever Underestimate People

Pernahkan kalian  pasti merendahkan orang lain?? Sebagian besar pasti menjawab pernah melakukan itu. Ya itu sifat manusia mungkin kali. Menganggap dirinya merasa paling hebat. Padahal di atas langit masih ada langit dan langit itu tidak akan ada yang tau batasnya kecuali yang memiliki langit kan? Apa saya benar?
Jadi bahasan kita kali ini mengapa tidak boleh meremehkan orang lain.

Kalian Tidak Tau Masa Lalu Orang Lain 

Kalian itu cuma tau salah satu sisi dari orang yang anda remehkan. Apa pernah mikir bagaimana masa lalu mereka. Apa mereka meraih semua itu gampang? Mungkin tidak pernah memikirkan sejauh itu. Atau tidak ya kalian selalu membandingkan dengan diri anda toh ? Kadang mereka cuma memberikan senyuman kepada orang lain. Dan tidak jarang juga mereka menutup kisah sedih mereka. Mereka berfikir untuk apa itu di ceritakan ke publik. Jadi tetap positif saja. Kesuksesan keberhasilan orang lain, yang mungkin anda pikir itu remeh. Ikut saja mensyukuri dan ikut apresiasi mereka.

Kehidupan Itu Berputar

Pernahkah mendengarkan kata kata itu? Tapi sudahkah anda implementasikan ke dalam kehidupan anda? Semoga anda sadar dengan perilaku anda. Toh juga sudah mengerti maksud saya apa mengenai hal ini.

Segala Sesuatu Itu Relatif

Menurut saya sendiri. Segala sesuatu itu relatif. Mengapa bisa seperti itu. Jadi saya kasih perumpamaan. Ada orang memberi uang donasi 1Milyar dan 1 juta. Menurut kalian mana yang besar? 1 Milyar kan? Oke saya kasih penjelasan lagi. Ternyata yang donasi 1 Milyar penghasilan 100 Milyar per bulan. Sedangkan donasi 1 juta penghasilan cuma 3 juta perbulan. Jadi sudah jelas kan maksudnya. Di dunia ini kita tidak pernah tau segala rahasianya. Hanya tuhan yang tau. Jadi apabila kalian tidak tau latar belakang sesuatu lebih baik menilai sesuatu jangan berlebihan dan menganggap remeh orang lain berlebihan. Karena kita tidak akan menjadi hebat jika menganggap remeh orang lain.

Pemikiran Orang Lain Juga Bebas

Maksudnya gimana ini? Orang lain itu juga mempunyai otak. Otak itu bisa buat berfikir bisa untuk memotivasi diri mereka. Bisa untuk memecut semangat mereka lebih dalam. Iya kan pasti. Jadi jaga harimaumu. Bisa jadi karena anda remehkan mereka menjadi lebih semangat menjalani hidup menjadi lebih bahagia dan mendapatkan sesuatu yang lebih dari yang anda dapatkan. Bisa apa kalian jika mereka sudah sukses dan membeli mulut mulut kalian. Lebih baik simpan di otak saja sebagai pelajaran. Jangan di kasih kata ke orang lain. mereka bisa marah dan tidak terima

Tuhan Tidak Tidur

Tuhan tidak tidur. Itu merupakan akhir dari kesimpulan saya. Dia merupakan sesuatu yang tidak ada batasnya . Kalian kalau sudah berkata iya bisa apa kalian. Itu hak veto tuhan.

Jadi pada akhirnya masih tetapkah anda meremehkan orang lain. Atau anda sudah beranjak untuk bertobat dan mengambil sesuatu pada hikmahnya. Orang lain juga mempunyai perasaan. Janganlah kalian menganggap remeh mereka. Urip iku sawang sinawang. Aku nyawang kowe enak aku nyawang kowe kepenak.
OJO LALI SHARE LUR hehehe

 

Menjadi Produktif di Zaman yang Instan

Apa itu produktif ? Menurut kamus besar bahasa indonesia artinya bersifat atau mampu menghasilkan atau mendatangkan (memberi hasil, manfaat, dan sebagainya); menguntungkan atau. Jadi produktif itu mampu menghasilkan terus menerus. Judul kali ini saya membahas bagaimana produktif di zaman yang serba cepat dan instan. Mengapa kok zaman yang serba instan. Apakah kalian pernah berfikir zaman sudah maju sedemikian rupa tapi kenapa diri anda tidak maju-maju. Tahun lalu gaji 3 juta tapi kok tahun ini masih sama 3 juta ga ada penambahan apapun. Bahkan pengeluaran ga bisa ditahan. Pengeluaran malah nambah dan kadang malah berhutang. Itu sekelumit pengalaman yang kemungkinan di alami kalian. Ada juga yang hari ini jadi manajer tahun ini tetap jadi manajer. Ada yang tetap gitu terus sampai bertahun tahun.  Zaman makin mudah. Tapi hidup saya kok semakin sulit ya? Lah zaman kok mudah gimana sih? Bukan gitu tapi segala sesuatu dipermudah seperti pesan sesuatu pakai smartphone aja bisa. Tapi ada yang bicara cari duit itu semakin susah. Itu yang saya soroti.

Ajukan pertanyaan kepada diri anda sendiri. Apakah anda bekerja ataupun belajar seperti orang lain?  Jika iya. Kok anda minta hasil lebih. Apa tuhan itu adil jika anda di beri penghasilan atau pemasukan yang lebih??? Kan tuhan maha adil. Ga adil dong kalau anda bekerja biasa-biasa dikasih yang luar biasa. Jadi apa solusinya untuk meningkatkan penghasilan. Kuncinya yaitu ada di produktivitas. Tingkatkan produktivitas dan kapasitas anda dalam belajar ataupun dalam bekerja. Penghasilan kesuksesan ketenaran itu akan datang dengan sendirinya. Ga usah lah kalian cari dukun ataupun cari di internet (googling) cara mencari uang dengan cepat. Cara instan ya jual barang atau jasa yang kalian miliki. Itu cara cepatnya. Tapi ga mungkin anda jual kalau anda tidak punya sesuatu.

Tingkatkan produktivitas harian anda terlebih dahulu. Dengan meningkatkan produktivitas harian anda. Otomatis produktivitas mingguan bulanan bahkan tahunan anda akan meningkat derastis. Jika kalian sudah bekerja ataupun sekolah 8 jam. Tambah lagi belajar atau bekerja di luar jam itu. Cari hobi yang menurut anda bisa menghasilkan uang dan itu memungkinkan. Bukan hobi pembenaran yang sifatnya cuma alasan. Mas bisa kasih contoh tidak. Apa hobi pembenaran menurutmu? Main online game supaya jadi pemain profesional. Tuh mau seperti Navi Dendi , seperti S1mple , seperti doublelift. Bukan saya mengejek impian anda. Tapi kalau anda serius ya silahkan. Cuma itu jangan dijadikan alasan anda sudah produktiv. Anda sudah 8 jam sekolah masih main game 5 jam lagi. Coba kalian berfikir bagaimana 5 jam itu saya bantu orang jualan. Kan lumayan belajar yang lebih bermanfaat. 5 jam untuk buat creative content (design, blog , vlog) . Kan itu lebih bernilai lebih menurut saya.

Kalian mesti sudah bernilai lebih kalau sudah bisa melakukan sesuatu. Jadi nanti ga usah khawatir masalah pekerjaan kalau anda sudah bisa jago di bidang tersebut. Bisa juga anda mendapatkan pemasukan tambahan. Kan lumayan kalau pemasukan tambahan itu bisa lebih dari pemasukan utama. Masihkah anda bertahan di pekerjaan lama dan anda menjadi budak korporat yang pergi pagi pulang pagi. Itu kuncinya.

Banyak lah yang bisa kalian lakukan di zaman yang serba instan ini. Jadi jadilah pencipta bukan penonton. Tontonlah sesuatu yang anda tidak ketahui. Tapi anda harus mempunyai satu hal spesialisasi anda. Ga bosan apa kalian menikmati produk kreativitas bangsa lain. Kreativitas anda itu tanpa batas. Mengapa anda tetap menjadi pengikut. La kalau jadi pencipta nanti siapa pengikutnya. Yah jangan kalian dan keluarga kalian yang penting. Mungkin bangsa lain mungkin keluarga lain juga. hehehe. Berfikir kalian mau membuat film se tenar di hollywood, bollywood, korea. Karena mereka sudah menggeluti bagian seperti itu sudah lama. Sedangkan kita. Kemarin baru ada teknologinya. Dan kita belum menjadi negara pencipta. Jadi tingkatkan produktifitas untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Anda dimudahkan seseorang tapi di sisi lain anda juga dimanjakan. Ini juga penyebab otak anda mati. Karena kalian juga akan terbiasa berfikir segala sesuatu bisa instan. Padahal pada faktanya keberhasilan tidak ada yang instan. Jadi pada akhirnya kembali ke diri kalian sendiri. Anda mau jadi seperti itu itu saja atau anda mau berubah produktif untuk menjadikan bangsa yang lebih maju atau tidak. To be or not to be . that is the question???

 

 

Sukses Itu Mudah

Sukses itu mudah. Kok mudah sih mas. Sukses itu susah, banyak orang jatuh bangun demi yang namanya sukses. Kadang ada yang rela jual diri ataupun jual apapun demi untuk keliatan sukses. Apa bener mas sukses itu mudah?

Benar kok semua orang tau sukses itu mudah. Mudah di teorinya saja. Teori nya semua orang bisa baca di biografi orang-orang sukses. Mulai dari mereka bangun pagi. Mereka sarapan sehat, kebiasaan olahraga, kurangi nonton televisi atau apapun itu. Jadi apa sukses itu susah? Tidak sukses itu tidak susah. Sukses itu mudah.

Terus apa yang membuat sukses itu susah mas. Yang membuat sukses itu susah ya diri kalian sendiri. Karena anda kurang percaya dengan diri anda sendiri. Anda kurang berkorban kepada diri sendiri. Anda terlalu cepat menyerah di awal. Padahal semua orang sukses pasti mereka juga mengalami cobaan seperti anda. Dari mereka tidak tau apa-apa sampai saat ini mereka sudah bisa melakukan apa-apa.

Coba kalian pikir baik baik? Berputarlah anda dari masa sekarang. Pikirkan 10 sampai 30 tahun lalu. Apa yang dilakukan mereka yang sudah sukses itu. Jangan kalian berpikir sekarang. Mereka 30 tahun lalu ngapain?? Mereka galau? pasti. Galau, takut, khawatir itu pasti dialamin oleh mereka. Kok bisa mereka terus berjalan di atas rel mereka? Karena mereka percaya mimpi mereka. Ada yang karena kepepet demi pundi-pundi rupiah masuk ke kantung saku. Tapi apa kapasitas mereka 30 tahun ke belakang seperti sekarang ini. Tidak. Bahkan ada yang kapasitasnya lebih rendah dari kalian yang sekarang lagi baca tulisan saya. Loh kok bisa. Ya bisa dong. Katakanlah ada orang yang usia 40 sudah sukses, 30 tahun lalu dia masih bocah SMP. Mungkin yang baca tulisan ini sudah kuliah atau tamat sma. Masa kapasitas kalian kalah sama bocah SD.

Jadi lakukan dulu apa yang kalian bisa. Jangan berfikir yang tidak bisa. Tapi kan harus bermimpi besar mas? Kalau mimpi doang ga beraksi buat apa? Anak SD juga bisa mimpi jadi presiden. Terus saya harus lakukan apa? Masa ya harus di bimbing lagi.
Oke gapapa.

Saya ingin jadi presiden. Wah menarik tuh. Jadi kalau anda usia 20 tahun. Ga mungkin kan tahun depan anda sudah jadi presiden. Tapi bidik jauh di masa depan. Ulang Tahun ke 50 saya harus jadi presiden. Nah gitu. Apa yang harus saya lakukan. Gabung partai dulu, setelah itu buat karya karya. Bantu partai tersebut sepenuh hati. Maka lambat laun anda juga akan dipilih menjadi kader. Nah dengan itu. Maka kemungkinan menjadi presiden lebih besar. Ya kalau mikirnya sekarang. Basi. Jokowi mungkin tahun 2000 masi jualan mebel. Pak SBY mungkin tahun 1980 an masi jadi pengawal Bapak soeharto.

Jadi saran saya berfikir secara bijak. Jangan berfikir terlalu dalam. Otak dipakai. Tapi Action dipertebal. Hidup tidak hanya cuma berfikir. Life is about action. Kalau anda cuma bermimpi saja. 99% orang mungkin juga sudah bermimpi dan berangan-angan mengenai hal itu. Apa itu salah? Tidak. Yang salah apabila bermimpi dan tidak dibarengi oleh action yang cakap dan cerdas.